Marching Band Lintas Waktu, Seperti Apa Yah?

Musik menjadi salah satu budaya manusia luhur yang sudah ada sejak lama. Alunan nada yang berima dan indah senantiasa membuat hati kita merasa bahagia, senang, bahkan sedih sekalipun. Musik biasanya dimainkan dengan atau tanpa alat musik oleh 1 orang maupun dalam kelompok.  Marching Band menjadi salah satu dari banyaknya jenis grup musik yang ada di dunia saat ini. Namun sobat Sisebi tau gak sih Marching Band yang ada sekarang ini sangat berbeda dengan Marching Band terdahulu? Bahkan fungsi Marching Band tidak hanya sebagai hiburan saja, namun ada juga yang dipakai dalam militer dan bahkan perang sekalipun.

Pertama kali terbentuknya Marching Band ternyata tidak semata-mata sebagai media hiburan saja. Istilah “Marching Band” dalam Bahasa Inggris memiliki arti sekelompok pemain musik yang bergerak/berjalan bersama dengan irama. Oleh karena itu, sejak abad ke-13 Kerajaan Ottoman membentuk sebuah grup musik untuk mengiringi pasukan militer kerajaan dalam perang. Irama dan tempo musik yang dimainkan menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dalam bentuk ketukan ketika pasukan bergerak bersama dalam barisan. Konsep Marching Band ini pun mulai menyebar ke Eropa Utara, Amerika Utara, dan akhirnya sampai ke seluruh dunia.

Gambar 1. Ilustrasi Marching Band Kerajaan Ottoman

Masuk ke akhir abad ke-18, keberadaan Marching Band dalam militer menjadi tidak terlalu penting dalam hal keindahan musiknya. Dari yang sebelumnya berupa kelompok musik kecil menjadi sebuah grup musik dengan berbagai jenis alat musik yang beragam jenisnya. Seorang konduktor bernama John Philip Sousa menjadi pelopor dalam pengembangan Marching Band dengan menambah alunan musik dan instrumen yang baru. Beliau juga mengadakan berbagai konser yang tidak hanya dilaksanakan di lingkungan militer namun juga ke masyarakat setempat.

Gambar 2. Foto USA Marine Band yang dipimpin oleh John Philip Sousa

Akhirnya setelah mengalami berbagai perkembangan dari budaya masing-masing negara, Marching Band menjadi salah satu kelompok musik yang digemari oleh banyak orang. Inovasi yang muncul membuat berbagai jenis Marching Band mulai bermunculan. Kebudayaan tradisional dan modern yang kekinian pun mulai membuat penampilan Marching Band menjadi lebih menarik. Ditambah lagi, penampilan Marching Band saat ini sudah banyak menggunakan berbagai efek visual berupa properti dan pakaian yang sangat mencolok dan juga adanya elemen lain seperti drama dan komedi untuk menarik perhatian penonton. Namun, masih ada tradisi militer masih bertahan seperti : koreografi dengan formasi dan urutan seperti pasukan militer, pakaian yang masih mirip dengan seragam militer, dan kedisiplinannya yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *