Alunan Melodi Pipa Logam. Itulah Brass Instrumen!

Gambar 1. Brass Marching Band Ekalavya Suara Brawijaya

Grup alat musik yang satu ini menjadi grup yang paling ikonik di dalam sebuah Marching Band. Terbuat dari logam yang berkilau dan suara lantangnya pastinya menarik perhatian semua orang. Yup, itulah instrumen Brass. Tau gak sih warriors? Istilah Brass  itu didapat karena sebagian besar alat musik ini terbuat dari kuningan lho! Gak hanya itu, seluruh instrument Brass berbentuk seperti pipa panjang dengan ujungnya yang berbentuk seperti lonceng. Bentuk lonceng ini ternyata terinspirasi dari bentuk horn dari tanduk binatang maupun kerang laut yang sering digunakan leluhur kita untuk menghasilkan suara yang sangat keras dengan hanya meniupnya saja. Keren bukan?

Layaknya alat musik tiup lainnya, instrument Brass dapat berbunyi dengan cara ditiup. Namun yang membedakan Brass dengan alat musik tiup lain seperti Woodwind Instrument yaitu pada instrument Brass, suara dapat dihasilkan dengan cara menggetarkan bibir pada lubang yang disebut mouthpiece. Mouthpiece dan badan instrument Brass membantu memperkuat suara yang dihasilkan dari getaran bibir sehingga menghasilkan bunyi yang sangat nyaring di telinga. Nada yang dihasilkan dapat diubah dengan cara menekan valve dengan kombinasi tertentu dan juga dengan mengubah cepat lambatnya aliran udara serta getaran bibir dengan kuat maupun lembut.

Terus, instrument Brass di Marching Band apa aja ya? Ternyata tidak semua  instrument Brass yang dipakai lho. Ini dia daftar alat Brass yang umum ada dalam sebuah grup Marching Band.

  • Trumpet
Gambar 2. Trumpet

Instrumen yang satu ini memiliki ukuran yang paling kecil diantara semua instrumen Brass lainnya. Dalam aransemen musik, trumpet menjadi salah satu alat musik yang memainkan nada-nada tinggi (sopran) dalam melodi maupun harmoni bergantung dari jenis aransemen yang digunakan. Di Indonesia sendiri umumnya digunakan trumpet dengan nada dasar B♭, C, atau G. Bentuk mouthpiece juga berpengaruh terhadap warna suara yang dihasilkan. Mouthpiece dengan corong yang dalam cenderung menghasilkan suara yang lebih lembut dibandingkan dengan mouthpiece dengan corong yang dangkal.

  • Flugelhorn
Gambar 3. Flugelhorn

Flugelhorn biasanya sering dibandingkan dengan trumpet dari segi kemiripan suara yang dihasilkan. Yang membedakannya dengan trumpet yaitu dari warna bunyi yang dihasilkan. Flugelhorn memiliki panjang pipa yang hampir sama dengan trumpet namun dengan ukuran lubang yang lebih lebar. Hal tersebut menyebabkan pemain Flugelhorn harus mengeluarkan udara yang lebih banyak, sehingga bunyiyang dihasilkan menjadi lebih lembut dibandingkan dengan trumpet

  • Mellophone
Gambar 4. Mellophone

Instrumen Mellophone bisa dibilang alat music hasil modifikasi instrument French Horns. Mellophone menghasilkan bunyi alto dan tenor yang persis seperti French Horns. Namun, French Horns tidak cocok digunakan dalam marching band karena arah horn yang menyebabkan suara dikeluarkan ke arah atas tidak cocok digunakan dalam penampilan marching band. Sehingga diciptakanlah Mellophone yang umumnya memiliki nada dasar F, G, B♭, and E♭.

  • Baritone
Gambar 5. Baritone

Instrumen ini memiliki perawakan yang lebih besar dibandingkan instrumen-instrumen sebelumnya. Ukurannya juga menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi lebih rendah dengan bunyi yang keras. Umumnya instrumen baritone memiliki nada dasar B♭ or C. Jangkauannya meluas tiga oktaf ke atas dari E di bawah staf bass; not di kunci treble ditulis sepersembilan di atas suara sebenarnya.

  • Flugabone
Gambar 6. Flugabone

Mungkin instrumen ini masih terdengar asing di telinga warriors. Flugabone memiliki bunyi yang hampir sama dengan bunyi yang dihasilkan dari instrumen Trombone. Tetapi Flugabone didesain untuk memiliki valve seperti instrumen Brass lainnya dibandingkan dengan Trombone yang menggeser slide untuk mengganti nada yang dimainkan.

  • Tuba
Gambar 7. Tuba

Tuba bisa dibilang instrumen senior di dalam marching band. Tuba memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan dengan alat music Brass lainnya yang umum digunakan dalam sebuah penampilan marching band. Suara yang dihasilkan pun sangat lantang dengan nada terendah dibandingkan instrument lainnya dan warna suara yang sangat dalam. Mouthpiece yang dipakai berbentuk cangkir atau mangkuk yang lebar dan dalam. Umumnya Tuba Memiliki empat nada dasar utama yaitu : F, E♭, C, dan B♭. Rentang desain instrumen ini dimulai dari dari Sousaphone untuk lagu berbaris ke tuba kontrabas, yang panjangnya bisa sampai 580 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *