Di Balik Kilap Warna Marching Band

Gambar 1. Penampilan Colour Guard

Penampilan sebuah Marching Band tidak akan lengkap tanpa adanya daya tarik secara visual. Pasalnya bermain alat musik sambil melakukan tarian maupun koreografi yang rumit tentunya akan sangat memakan tenaga. Di sinilah peran dari Color Guard sebagai komponen visual utama dari penampilan sebuah Marching Band. Color Guard Modern saat ini merupakan kombinasi dari drill Marching Band dan juga penggunaan properti seperti flag, saber, rifle, dan properti penunjang lainnya, serta dibawakan oleh dance maupun gerakan lainnya yang menginterpretasikan musik yang dimainkan.

Color Guard yang berkembang saat ini merupakan adaptasi dari Color Guard yang berasal dari kalangan militer. Sesuai namanya, “Color Guard” memiliki arti penjaga atau pengiring warna dalam bentuk bendera maupun spanduk. Karena banyaknya debu dan asap di medan perang, para prajurit harus dapat menentukan di mana resimen mereka berada. Bendera dan spanduk telah digunakan oleh banyak tentara dalam pertempuran untuk melayani tujuan ini pada tahun 1805. Setelah perang saudara, penjaga warna lebih sering digunakan di militer. Seringkali “Pengawal Warna” militer ini akan bepergian dengan band yang akan memainkan lagu-lagu patriotik.

Gambar 2. Rombongan Color Guard Mengiringi Pasukan

Cara pertunjukkan Color Guard militer berlanjut ke dalam Marching Band yang ada saat ini. Marching band Color Guard biasanya ditemukan membawa perlengkapan yang diturunkan dari Color Guard militer seperti bendera, spanduk, senapan kayu, dan pedang plastik atau logam. Peran Color Guard dalam Marching Band tidak hanya berfungsi sebagai pengiring pemain musik saja. Berbeda dengan yang ada pada kalangan militer, Color Guard Marching Band kini tidak hanya sebatas memainkan dan mengayunkan properti. Color Guard saat ini sudah menggabungkan beberapa elemen koreografi yang diambil dari berbagai macam jenis tarian maupun dance modern yang sudah mulai berkembang di masa kini.

Hal yang membuat Color Guard lebih unik dibandingkan dengan grup penari pada umumnya yaitu terletak pada properti yang digunakan. Ada 3 properti yang umum digunakan, yaitu flag (bendera), rifle (senapan), dan saber (pedang). Flag atau bendera ini biasanya terdiri dari kain bendera berwarna yang dipasangkan pada tongkat alumunium. Sedangkan rifle dan saber terbuat dari bahan kayu untuk badan rifle dan baja tumpul untuk saber. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 32 inchi – 39 inchi bergantung kebutuhan penampilan dan kemampuan masing-masing pemain Color Guard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *