Section Pemukul yang Tidak Asal Pukul

Gambar 1. Penampilan Showjob Marching Band Ekalavya Suara Brawijaya

Warriors pasti sudah tidak asing lagi dengan grup alat musik yang satu ini. Yups, apalagi kalau bukan SectionBattery (eitss, bukan baterai ya!) merupakan kelompok alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Tapi gak sembarangan di pukul begitu aja lho warriors! Walaupun terlihat mudah, pemain battery harus memiliki kepekaan terhadap tempo dan juga teknik pukulan yang tepat untuk menghasilkan suara yang berirama indah dan enak untuk didengar. Selain itu, section battery tidak hanya ada sebagai pengiring atau ritmis saja. Section battery memiliki peranan penting dalam menjaga tempo dan irama dari sebuah musik dan bahkan bisa memainkan melodi dan harmoni lagu sekaligus.

Instrumen battery dalam Marching Band memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan instrumen perkusi pada umumnya. Alat battery untuk Marching Band didesain khusus agar dapat dimainkan sambil berjalan menggunakan sebuah alat pengait khusus untuk meletakkan alat yang biasa disebut carrier. Tak hanya itu, alat drum (snare, bass, maupun multi-tom) sudah didesain untuk memiliki artikulasi maksimum dan dilengkapi dengan proyeksi suara. Hal tersebutlah yang membuat instrument battery sangat cocok dimainkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang sangat luas. Walaupun section battery lebih sering berperan sebagai pengiring atau ritmis dari sebuah musik, dalam beberapa kegiatan/event pemain battery ada ajangnya tersendiri lho! Salah satunya yaitu seperti kompetisi Drumbattle, IC (Individual Contest), dan lomba lainnya yang hanya melibatkan section battery.

Lantas instrument Battery dalam Marching Band terdiri dari apa saja ya? Beda ukuran, desain, dan bahan pastinya membuat setiap instrument Battery memiliki keunikannya tersendiri. Yuk, simak daftarnya di bawah ini:

  • Snare drum
Gambar 2. Pemain Snare Drum

Instrument Snare drum terkenal memiliki suara yang sangat tajam dan tinggi dibandingkan dengan instrument Battery lainnya. Hal ini disebabkan oleh permukaannya yang biasanya terbuat dari film Kevlar atau PET dan juga tidak jarang menggunakan serat karbon untuk merek tertentu. Ditambah di bagian bawah instrumen terdapat beberapa helai senar yang membantu memproyeksikan suara yang dihasilkan dari pukulan player. Ukurannya pun bervariasi. Pada umumnya ukuran sebuah snare drum (diameter x tinggi) berkisar antara 13 x 11 inchi hingga 14 x 12 inchi.

  • Tenor drum
Gambar 3. Pemain Tenor Drum

Pemain Tenor adalah beberapa pemain Battery paling elit dalam sebuah Marching Band karena ada banyak drum yang dimainkan untuk satu orang. Drum tenor kontemporer (juga disebut tom, quads, atau quints) biasanya adalah drum tonal berkepala tunggal yang dipasang empat hingga enam dalam satu set dengan ukuran 6, 8, 10, 12,13, dan 14 inci  . Pemain tenor menambahkan variasi nada ke drumline dengan drum yang memiliki ukuran dan penyetelan yang berbeda. Sama seperti pemain Snare drum, pemain Tenor drum biasanya bermain dengan serempak.

  • Bass drum
Gambar 4. Pemain Bass Drum

Instrumen yang satu ini memiliki ukuran drum yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran drum pada Snare drum maupun Tenor drum. Pemain Bass Drum  memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga tempo musik dan juga membawa melodi pada Section Battery. Ada berbagai macam bass drum, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil, biasanya terdiri dari 4 hingga 6 bass drum dengan ukuran universal 14 inchi untuk lebarnya dan 14 ditambah 2 inchi untuk setiap kenaikan ukurannya. Semakin besar ukurannya maka nada yang dihasilkan semakin rendah. Berbeda dengan Snare drum dan Tenor drum yang menggunakan stick sebagai alat pukul, pemain Bass Drum  menggunakan palu yang biasa disebut mallet dengan kepala bulat atau silinder yang sering dibuat dari bahan felt yang keras.

  • Cymbals
Gambar 5. Pemain Cymbals

Marching cymbal biasanya berpasangan dengan crash cymbal yang dimainkan dengan berbagai cara. Simbal biasanya terbuat dari perunggu dengan tali pengikat kulit. Pemain cymbal semuanya dapat membawa ukuran dan jenis simbal yang sama, atau berbagai instrumen dapat digunakan. Cymbal dimainkan dengan dipegang di depan badan, secara serempak atau terbelah. Selain dimainkan oleh cymbalist, snare drummer dapat bermain di cymbal sebagai ride cymbal atau seperti hi-hats, jadi biasanya ada minimal satu simbal untuk setiap dua snare drummer. Simbal juga digunakan untuk efek visual karena permukaan reflektifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *